Jumat, 09 Desember 2011

Menjaga Cat Mobil Agar Tetap Selalu Berkilau Seperti Baru


Pemudaran warna dan retakan yang terjadi pada cat mobil merupakan proses salami. Penyebab utama penurunan kualitas cat mobil adalah ultraviolet (UV) dan bahan kimia. Bahan kimia yang merusak biasanya menyentuh body mobil secara langsung, seperti kotoran hewan, polusi udara, pemoles mobil, garam dan serangga/kotoran serangga.
Berikut ini tips bagaimana menjaga cat mobil tetap berkilau:

1. Cuci Mobil Secara Berkaliau,
sebaiknya seminggu sekali untuk menghindari penumpukan bahan kimia, dan jangan mencuci mobil dengan air panas karena akan merusak cat mobil.
2. Gunakan sabun khusus untuk mencuci mobil.
Pilih PH balanced. Jangan menggunakan sabun pencuci piring, atau pencuci baju karena akan merusak lapisan cat. Hal lain yang harus diperhatikan dalam mencuci mobil adalah ketika mencuci mobil harus ditempat yang teduh, agar air pencuci tidak cepat mengering dan meninggalkan bekas dan bercak noda di cat mobil.
3. Segera perbaiki cat mobil yang terkelupas atau mengalami retak-retak,
karena  bila dibiarkan akan merembet dan berakibat fatal.
4. Perhatikan Parkir Mobil.
Usahakan parkir mobil di tempat yang teduh, untuk menghindari sinar ultraviolet yang terlalu banyak. Akan lebih baik jika Anda memberi sarung mobil atau car cover bila akan meninggalkan mobil di luar ruangan dalam waktu yang lama.
5. Gunakan Wax.
Bila mobil Anda gunakan setiap hari, beri lapisan wax untuk melindungi lapisan cat dari sinar ultraviolet dan polusi udara.

Sumber: Tipsanda.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar